Minggu, 20 Februari 2011

Polygonal Love

Common Triangle and Actual Phenomenon

Cukup sering didengar dan sering terjadi pula dalam kehidupan manusia, terjadi fenomena yang biasa disebut cinta segitiga. Ketika satu orang suka pada seseorang namun orang itu ternyata malah suka orang yang lain lagi. Mungkin pernah ada pula yang sedikit lebih rumit dengan melibatkan empat orang sekaligus.

Sebenarnya dalam kehidupan nyata kejadian dapat terjadi jauh lebih rumit daripada itu, tidak hanya tiga atau empat (yang lebih dipilih oleh pembuat cerita agar yang buat dan yang nonton tidak sama-sama bingung), namun bisa berupa segi lima,enam,sepuluh, dan poligon-poligon selanjutnya.

Actual and Common Attitude

Mungkin pula anda pernah merasakan ketika menyukai seseorang, namun tak habis pikir kenapa orang itu bisa suka orang lain, padahal orang yang disukainya bisa menyukai orang lain lagi. Padahal anda sudah berusaha sebaik mungkin dan memberikan segalanya namun orang yang anda suka juga menunggu dari yang disukainya, siklus ini bisa tak pernah berakhir.

Kadang anda bisa pernah berpikir kenapa sih, orang yang anda sukai itu gak mencintai anda saja yang sudah tulus, menunggu anda dan menerima apa yang anda sedang berusaha berikan? Buat apa menunggu yan tidak pasti dan berpaling yang selama ini ada didekatnya. Namun pikiran ini bisa dikatakan egois, bisa jadi atau bahkan sangat mungkin, orang yang anda sukai berpikiran sama dengan anda pada orang yang ditunggunya.

Mungkin kemungkinan anda suka orang dan orang itu juga langsung menyukai anda memiliki kemungkinan dan kasus kejadian yang sedikit di kehidupan nyata. Sampai sekarang, cinta pada pandangan pertama dua arah masih belum dianggap logis, lebih logis pepatah orang jawa, jalarane tresno soko kulino, nafsu pada pandangan pertama mungkin bisa.

Jadi pertanyaannya apa yang membuat kedua insan manusia bisa saling mencintai? Kemudian bisa saling berpasang-pasangan? Dan hidup berdampingan ke depannya?

Garis jodoh yang sudah digariskan sebelum kita lahir? Daya tarik masing-masing seperti sepasang ion tarik menarik? Usaha pendekatan tak kenal lelah yang meluluhkan? Rasa penasaran dan keterbiasaan rasa nyaman satu sama lain? Karena memang sering atau hanya berinteraksi dengan orang-orang itu saja? Atau memang seperti lagu Dewa di album Bintang Lima “Cinta adalah Misteri”.

Act As it Should…!!!

Terlalu banyak orang sibuk dengan dirinya dan membuat dirinya agar bisa disukai, dicintai, atau disayang. Orang cenderung mengubah dirinya, mengubah toleransi atas diri sendiri demi dapat diterima oleh orang yang dia suka, cinta, atau sayang. Terkadang dengan mengikuti apa yang menjadi kesukaan, kegemaran, atau hal-hal yang membuat lawan jenis tertarik. Entah berbagai macam jurus apa yang digunakan, mulai dari yang standar-standar cupu, biasa dan umum, sampai berlebihan yang memuakkan.

Mungkin tak banyak orang yang menyadari bahwa justru bagaimana ia bersikap atas sukanya, cintanya, atau sayangnya. Lebih belajar bagaimana menyayangi orang ketimbang berubah atau merubah diri sendiri menjadi orang lain agar mendapat rasa suka dari orang yang dituju. Pikirkan apa dulu kebaikan yang bisa diberikan, dengan tulus dan tanpa tendensi, ketimbang melakukan hal-hal aneh tapi dengan harapan tinggi dan cenderung memikirkan diri sendiri untuk mendapatkan apa yang diinginkan. Memberi tanpa berharap kembali apapun, menyayangi tanpa perlu pengakuan, mungkin perlu belajar dari secret admirer asal tetap identitasnya diam. Bukankah seharusnya membuat kebahagiaan orang lain akan lebih membahagiakan kita?

Pray for,,Amin…

Pada akhirnya, tak ada yang bisa anda lakukan, selain memperbaiki diri anda sendiri terlebih dahulu. Karena yakinlah bahwa kita semua pasti mendapatkan yang terbaik bagi diri kita masing-masing. Jika anda berusaha untuk menjadi baik, maka pasangan yang anda dapatkan adalah seseorang yang memang sejalan dengan anda dalam hal kebaikan yang sama.

Jika anda hanya merubah diri anda sendiri tanpa kejelasan apa tujuannya maka yang anda dapatkan mungkin hanya kesemuan atau kesenangan sesaat. Memang ketika orang mulai suka, berusaha meruntuhkan tembok-tembok yang menjadi pembatas adalah sumber dari ketertarikan yang cukup dominan. Tetapi bila anda lebih memperhatikan diri anda sendiri terlebih dahulu, dan memperbaiki demi entah siapa yang akan menjadi pasangan anda, maka mungkin kebahagiaan yang sebenarnya sedang menanti.

Berdoalah untuk mendapatkan yang terbaik bagi anda, jika sudah menemukan sesorang, maka berdoa untuk didekatkan bila itu memang yang terbaik, tapi bila dia bukan yang terbaik, maka mohonlah agar diganti dengan seseorang yang lebih baik. Tapi intinya tetap anda sendiri berusaha menjadi pribadi yang lebih baik terlebih dahulu.

4 komentar:

  1. berasa dokter cinta deh bang zachroel..
    hahaha..

    emang bener bgt,,
    berusaha memantaskan diri dalam artian menjadi seseorang yang lebih baik, dengan demikian akan mendapat pasangan yang baik juga.
    ahiihiii.. v(^0^)v

    BalasHapus
  2. saya jg masih sgt cupu,,,,hnya memcoba nyampah nih,,,wkwkwkw

    yup..keep spirit for better future

    BalasHapus
  3. don't make someone a priority if they only make you an option.

    BalasHapus
  4. wah..benar sekali om pedestrian ini,,,bener2 bijak dan berpengalaman,,setuju pak..!!!

    BalasHapus