Selasa, 30 Juli 2013

Shift 2


29 Juli 2013
hari ini saya mencoba shift dua pertama kali..
bukan karena udah kebagian jadwal shift, tapi karena paginya harus ke bank untuk bayar STRA
untung lancar walau ribet banget birokrasinya

13.30 WIB - Tol Cimahi-Padalarang
pengalaman pertama masuk shift 2 di industri, jemputan dateng pake mobil avanza, 
ada tiga orang yang ikut, Pak Anda, Pak Linggar, dan saya...
supirnya waktu itu Pak Arif, dia hobi banget cerita, tiba-tiba di jalan tol Cimahi-Padalarang cerita

"Pak Linggar tau gak karyawan yang kemaren meninggal?" Pak Arif memulai obrolan
"hah? siapa..??" pak Linggar menjawab dengan pertanyaan lagi
"anak buah bapak kayaknya, baru kemarin ini koq"
"kapan?" pembicaraan masih antara Pak Linggar dan Pak Arif, saya pun cuma menguping walau duduk di depan
"malam minggu kemaren ini"
"kenapa meninggalnya"
"keguguran gitu, komplikasi kayaknya"
"infeksi ya?" aku di titik ini menimpali, ya supaya agak ngobrol aja, jenuh cuma liat jalan tol 20 menit
"mungkin gitu pak, di Sanbe ini ada-ada aja koq Pak"
"ada-ada aja gimana Pak Arif?" yang ngobrol akhirnya gantian aku dengan Pak Arif..
"ya dulu ada juga karyawan yang bunuh diri, loncat ke rel gitu.."
"ya namanya juga ratusan karyawan lebih pak, kemungkinan apapun juga bisa"
"iya ya, harusnya kerja gak perlu sampe stress gitu"
"mungkin malah stress-nya karena pacar..??"
"oh iya ding Pak" kata Pak Arif setuju, dan obrolan berlanjut gak tentu arah ke topik lain...

16.30 WIB - Ruang Filling Infusion Bottle
"fillingnya udah selesai nih?" tanyaku pada operator mesin filling yang bertugas saat itu
"sudah pak" jawab operator yang bernama Agy atau Adi, aku agak lupa...
"hmm, kalo gitu bisa lanjut ke batch berikutnya ya"
"iya Pak"
"okey, saya bilangin operator yg di ruang mixing untuk nyiapin berikutnya, kalian habis buka masih di sini?"
"oh gak Pak, habis ini kami pulang" jawab mereka yang mulai membuatku heran
"lah, entar siapa yg jalanin fillingnya?"
"nanti ada yang dateng longshift 2, jam 7 mungkin Pak"
"oh, oke kalo begitu" jawabku

jam kepulangan yang cukup aneh, bukan lemburan longshift 1, dan mereka juga bukan shift 2...
kelihatan buru-buru sekali pulang...
di luar memang mulai terlihat temaram, koridor ruang produksi juga mulai gelap, gak semua lampu dinyalain
beberapa ruang yang tidak dipakai dibiarkan tidak dinyalakan...

17.00 WIB - Ruang Mixing
"Pak Dedi, itu filling udah selesai, transfer aja batch yang berikutnya" perintahku pada operator mixing
"siap Pak" jawab Pak Dedi dengan mulai mengerjakan proses transfernya dibantu Pak Juli...
"transfer sampe siap filling biasanya berapa lama?"
"oh, paling ini mindahin 30 meit aja Pak"
"kalo gitu transfer sekarang, biar habis maghrib bisa langsung filling kan?"
"betul Pak, nanti bisa siap koq, siapa operator yang dijadwal nanti?"
"wah, saya gak apal jadwalnya, tadi katanya bakal dateng sekitar jam 7 koq, longshift 2"
"oh gitu, gak siap-siap buka Pak?" tanya Pak Dedi, dia emang non-islam, tapi biasa ikut makan kalau buka
"ya ntar, baru jam segini, belum waktunya, tapi kayaknya tinggal kita bertiga aja nih"
"yang lain udah pada naik dari tadi sih ya Pak"
"iya, ya kita selesein aja dulu ini, kalo udah selesai, langsung istirahat aja ya, saya ngecek ke ruangan lain dulu"
"baik Pak" jawab Pak Dedi dan Pak Juli sambil mengawasi proses transfernya...

menjelang maghrib, suasana bener-benar sudah gelap, koridor grey area dimatikan lampunya...
seluruh ruangan steril sepi, dan hanya terdengar aliran udara antar ruangan yang berbeda tekanan...
saking gelapnya, kaca antara ruangan white area dan koridor grey, bisa memantulkan bayanganku sendiri...
mirip-mirip suasana rumah sakit di malam hari, namanya juga hospital plane, hahahaha....

17.45 WIB - Koridor White Area
aku keliling area ruangan produksi steril, sambil ngecek apa masih ada karyawan yang tertinggal
sekilas aku lihat ada AA yang masih nulis batch record di ruang mixing 1
ruangan itu dibatasi ruang air lock yang pintunya dibuat zig-zag kanan dan kiri
tapi ada jendela yang sama-sama di tengah yang memungkinkan langsung melihat ke dalam dari koridor
aku menuju pintu luar di sebelah kanan, kemudian baru ke sebelah kiri untuk masuk ke ruang mixingnya

"udah hampir maghr...." 

belum selesai aku menyelesaikan kalimatku, yang tadinya aku kira ada AA sedang nulis
ternyata gak ada siapa-siapa di meja itu...
cuma tumpukan batch record yang warna mapnya biru, sama seperti jumpsuit baju ruangan white area...
mungkin aku salah liat...

lalu aku jalan lagi ke ruang mixing 2, dan hal yang sama terjadi, 
kenapa aku dari tadi seperti masih melihat ada orang nulis batch record??
something isn't right...

17.50 WIB - Male White Locker Room
"Pak Dedi, udah selesai tadi transfernya?"
"ss..ssuudah Pak" jawab Pak Dedi, sambil terlihat buru-buru melepas jumpsuit white area
"ya udah istirahat buka aja dulu"
"iya... Pak"

selagi berbicara gitu, entah kenapa Pak Juli sudah duluan pergi setengah berlari keluar ruangan
"itu Pak Juli cepet banget keluarnya?? pake lari gitu"
"gak tau Pak, buru-buru banget, mm..mmungkin keburu buka Pak"

benar-benar ada yang aneh, ruangan sepi, gelap, dan dingin...
aahh, HVAC steril kan memang harus kayak gini...
aku menenangkan diri...



Cimahi, 30 Juli 2013
The first notes of Supervisor Trilogy
next: Shift 3 - the freeze and the darkness, Shift 1 - it's not even safer...
"inspired by a true story
"





Tidak ada komentar:

Posting Komentar