Sabtu, 18 Februari 2012

AADC

Ada Apa dengan Coca-Cola..??

Baru-baru ini aku jalan di Jakal Yoyakarta
Dan menemukan iklan minuman ringan merek internasional Coca-Cola
Dengan tulisan "teman di saat galau" di sebelah gambar botol besarnya

Baliho tersebut, sebagai salah satu tools dalam beriklan, cukup membuatku bertanya-tanya..??
Apa yang terjadi dengan Coca-Cola..??
Sampai mengikuti arus galau luar biasa di Indonesia..??

Setahu saya, merek ini begitu terkenal dengan brand dan image...
Market positioning yang sudah begitu kental...
Sebagai minuman di kala gerah, bukan di kala galau…
sebagai minuman yang menyegarkan, bukan minuman yang membahagiakan..
Habis aktivitas seharian, bukan habis nangis seharian…

Dari Korea sampe Kamerun, setahu saya, bahkan semua image dan iklan sebelumnya...
Coca-Cola branding-nya terkait menjalani hidup yang cerah, penuh semangat...

Apakah ini jadi sebuah gebrakan, sebagai continues improvement...
bahwa semangat ini jadi malah galau..??

Apakah ini sebuah strategic fit, dari sebuah marketing strategy,
menghadapi lingkungan eksternal, yang terus menerus galau..??

Apakah pemimpin Coca-Cola,
telah mengganti semua foto-foto pesaingnya di dinding kantornya,
dengan semua foto-foto mantannya..??

Apakah marketing team ini telah begitu pintar melihat satu aspek marketing mix,
yaitu place, dimana kompleks mahasiswa tersebut, banyak yang galau,
entah jodoh, skripsi, atau kelulusan..??

Tapi hal ini mungkin menjadikan iklan ini unique dan distinctive...

P.S
walau market leader di bidang minuman ringan...
Ini Coca Cola gak berencana mengambil market share-nya Baygon sebagai teman di saat galau kan...?? @social_junkee

Tidak ada komentar:

Posting Komentar